(0271) 712 158
sdmuhsolo@gmail.com
Kotabarat Surakarta
blog-img
16/10/2023

SD Muh PK Kottabarat Surakarta, Sambut Bulan Bahasa Semarakkan Kegiatan Literasi

Admin System | Kegiatan

SD Muh PK Kottabarat Surakarta, Sambut Bulan Bahasa Semarakkan Kegiatan Literasi

Tampak berbeda dari biasanya, keceriaan murid SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menyambut kedatangan mobil perpustakaan keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Surakarta di halaman sekolah setempat, Jumat (13/10/2023).

Mobil perpustakaan keliling terjadwal secara rutin dengan jadwal kunjungan sebulan sekali. Koleksi buku bacaan dapat dibaca ditempat dan tidak dapat dipinjam atau dibawa pulang. Selain menyambut semarak bulan bahasa, kegiatan ini merupakan bagian dari program perpustakaan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta.

Vera Wardiningsih, selaku pustakawan sekolah, menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk menggalakkan budaya literasi membaca yang ada di lingkungan sekolah serta memberi wawasan kepada murid alternatif tempat membaca yang beragam.

"Nanti sore kita juga akan menyelenggarakan kegiatan Baca Keliling (Baling) di Pendopo Perpustakaan Kampung Kelurahan Panularan. Selain menebar kebermanfaatan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran membaca khususnya untuk anak-anak yang tinggal di lokasi sekitar," imbuhnya. 

Wajah para murid tampak senang ketika mobil perpustakaan keliling memasuki halaman sekolah, antusiasme terlihat tatkala mobil perpustakaan keliling dikerubungi para murid dengan harapan segera dibuka oleh petugas Dispersip Kota Surakarta.

Waktu kunjung perpustakaan keliling dibagi menjadi tiga shift, setiap shift-nya mendapatkan durasi berkunjung selama satu jam. Kelas I dan II, pukul 08.00 - 09.00 WIB. Kelas III dan IV, pukul 09.00 - 10.00 WIB. Kelas V dan VI, pukul 10.00 - 11.00 WIB.

Di dampingi guru kelas, para murid berbaris rapi antre mengambil buka bacaan yang diminati. Setelah mendapatkan buku yang diinginkan, murid duduk berbanjar di tempat yang sudah disediakan.

Murid diberi kesempatan untuk bertanya jawab segala hal yang berkaitan dengan pengoperasian mobil perpustakaan kelililing. Banyak diantara mereka yang rasa ingin tahunya tinggi tentang jumlah dan jenis koleksi buku bacaan yang dibawa saat berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain. 

Petugas perpustakaan keliling, Didiet Adiyanto, mengungkapkan tujuan layanan perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca murid khususnya di Kota Surakarta serta menambah cakrawala keilmuan melalui kegiatan membaca.

"Terwujudnya pendidikan karakter bisa didapatkan melalui kegiatan membaca. Keterampilan ini sangat dibutuhkan agar mereka bisa menyaring informasi yang benar melalui kegiatan membaca," ungkapnya.

Mahesa Putra Bernadi, salah satu murid kelas III, sangat antusias mengikuti kegiatan ini.
"Pertama kalinya aku merasakan sensasi membaca di mobil perpustakaan keliling. Ternyata, buku yang dibawa beragam dari buku cerita hingga ilmu pengetahuan. Mobil yang dipakai disulap secantik mungkin untuk menarik minta perhatian murid," pungkasnya.

Bagikan Ke:

Populer